Senin, 09 September 2013

Gerbang Logika

Selamat sore sahabat blogger !! kali ini nisa mau share nih tentang Gerbang Logika.
Apa sih gerbang logika itu ??? ƪ(° ̯˚ ʃ) *gak usah bingung
Nisa pernah belajar ini waktu masih kelas XI sama bu prima unyu. Pertama belajar ini buat otak muter² , angka nya cuma 0 sama 1 tapi ribet nya minta ampun pemirsa. Tapi gak pa² sih, biar otak nisa pernah rotasi daripada istirahat di tempat aja, kan gak guna !!
Daripada dengerin nisa cuap-cuap mulai tadi, kita langsung aja ke topik pembahasan "̮˚°◦♡ώκωķωќ♡◦°˚"̮

Gerbang logika adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik.Gerbang logika juga sering disebut dengan gerbang boolean.Jutaan transistor di dalam mikroprosesor membentuk sebuah gerbang logika.
Sebuah gerbang logika sederhana mempunyai satu terminal input dan satu terminal output.Keluarannya dapat tinggi (1) dan rendah (0).


Dibawah ini macam-macam gerbang logika :

  • Gerbang Logika AND
Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang AND, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high (1)maka semua sinyal masukan harus bernilai high juga. Gerbang logika AND pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7408
 Simbol AND Logic Gate
Truth Table 

  • Gerbang Logika OR
Gerbang OR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang OR, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high hanya butuh salah satu saja input berlogika high. Gerbang logika OR pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7432.
Simbol OR Logic Gate
 Truth Table
  •  Gerbang Logika Not
 Gerbang NOT hanya mempunyai satu sinyal input dan satu sinyal output. Dalam gerbang NOT, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high, sinyal masukan justru harus bernilai low. Gerbang logika NOT pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7404.
 Simbol NOT Logic Gate
Truth Table
  • Gerbang Logika NAND
 Gerbang NAND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang NAND, apabila salah satu input berlogika low maka output akan berlogika high. Gerbang logika NAND pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7400.
 Simbol NAND Logic Gate
 Truth Table

  •  Gerbang Logika NOR
Gerbang NOR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang NOR, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high maka semua inputnya harus berlogika low. Gerbang logika NOR pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7402.
Simbol NOR Logic Gate
 Truth Table
  • Gerbang Logika Ex-Or
Gerbang Ex-Or mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang Ex-Or, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high maka semua sinyal masukan harus bernilai berbeda. Gerbang logika Ex-Or pada Datashhet nama lainnya IC TTL 7486.
Simbol Ex-Or Logic Gate
 Truth Table
  • Gerbang Logika Ex-Nor
Gerbang Ex-Nor mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang Ex-Nor, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika high maka semua sinyal masukan harus bernilai sama.Gerbang logika Ex-Nor pada Datashhet nama lainnya IC TTL 74266.
Simbol Ex-Nor Logic Gate
 Truth Table

>>Semoga Bermamfaat<<








0 komentar:

Posting Komentar